Vendor Report and Controlling

e-Procurement PT. Semen Gresik


Bahwa setiap pemakai situs e-procurement PT. Semen Gresik  (persero) wajib mematuhi dan/atau terikat dengan semua ketentuan ini.  
  
I. UMUM

Situs e-procurement PT. Semen Gresik  (persero) (disingkat e-proc Semen Gresik ) adalah sarana aplikasi berbasis web untuk melakukan proses pengadaan barang/jasa lainnya di lingkungan PT. Semen Gresik  (persero) secara online.

Vendor dapat melaksanakan proses pengadaan e-auction dari tempatnya masing-masing ( misalnya: kantor Vendor, warnet, dan lain-lain) dan tersambung ke jaringan internet.

Vendor adalah peserta/pemakai situs e-proc Semen Gresik  yang diberikan ID Login oleh PT. Semen Gresik  (persero) dan ter-registrasi oleh PT. Semen Gresik  (persero).

ID Login adalah User ID dan password yang bersifat tunggal/khas (unique) untuk digunakan di e-proc Semen Gresik . 

Pada pengadaan melalui e-proc Semen Gresik  berikutnya, Vendor yang akan mengikuti pengadan melalui e-proc Semen Gresik  akan diberikan ID Login yang baru oleh PT. Semen Gresik (persero). 

Penyedia barang/jasa lainnya adalah badan usaha, badan hukum, perorangan yang kegiatan usahanya menyediakan barang/jasa. 

Vendor wajib mentaati semua persyaratan dalam ketentuan ini dan peraturan pengadaan barang/jasa dan kebijakan lain yang berlaku di lingkungan PT. Semen Gresik  (persero). 

Proses pengadaan melalui e-proc Semen Gresik  dilakukan dengan cara Verifikasi sesuai dengan ketentuan di lingkungan PT. Semen Gresik  (persero). 

Waktu yang digunakan untuk proses pengadaan melalui e-proc Semen Gresik  adalah Waktu Indonesia Bagian Barat (WIB) dari server e-proc Semen Gresik . 

Dengan menjadi Vendor dari e-proc Semen Gresik  maka penyedia barang/jasa / Vendor lainnya dianggap telah memahami/mengerti dan menyetujui semua isi di dalam Persyaratan dan Penggunaan (Term and Condition) e-proc Semen Gresik  ini. 

Vendor wajib menandatangani di atas materai dan diberi cap perusahaan yaitu Surat Pernyataan untuk mengikuti proses pengadaan barang/jasa dengan cara e-auction/e-auction melalui e-proc Semen Gresik (terlampir) dan diserahkan ke Semen Gresik sebelum pelaksanaan pengadaan. 
  
II. KEANGGOTAAN DAN PERSYARATAN 

A. KEANGGOTAAN 

Penyedia barang/jasa lainnya (Calon Vendor) untuk menjadi Vendor situs e-proc Semen Gresik  harus melakukan pendaftaran melalui email/fax yang dikirim oleh PT. Semen Gresik  (persero) sebagai undangan untuk mengikuti proses pengadaan melalui e-proc Semen Gresik . 

Setiap Penyedia barang./jasa / Vendor lainnya hanya akan diberikan 1 (satu) ID Login (account ID) 
Vendor wajib memelihara datanya sesuai kondisi terakhir dan harus mengikuti ketentuan ini. 

Keanggotaan akan berakhir bila: 

Vendor mengundurkan diri dengan cara mengirim e-mail/fax atau secara tertulis kepada PT. Semen Gresik  (persero) dan mendapatkan e-mail/fax konfirmasi atau balasan tertulis atas pencabutan keanggotaannya. 

Vendor dicabut keanggotaannya / di suspend dan masuk ke blacklist secara sepihak oleh Semen Gresik  karena dianggap melanggar ketentuan yang telah diterapkan Semen Gresik . 

Apabila Vendor memiliki catatan performasi/track record yang buruk berdasarkan penilaian Semen Gresik . 

B. PERSYARATAN 

Vendor wajib menyetujui bahwa transaksi melalui situs e-proc Semen Gresik  tidak boleh melanggar ketentuan yang berlaku di PT. Semen Gresik  (persero) dan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia. 

Vendor wajib tunduk dan taat pada semua peraturan yang berlaku di Indonesia yang berhubungan dengan penggunaan jaringan dan komunikasi data baik di wilayah Indonesia maupun dari dan keluar wilayah Indonesia melalui situs ini. 

Vendor bertanggung jawab penuh atas isi transaksi (contents of data) melalui situs e-proc Semen Gresik .

Vendor dilarang saling mengganggu proses transaksi atau pelayanan melalui situs e-proc Semen Gresik . 

Vendor setuju bahwa usaha untuk memanipulasi data, mengacaukan system komputer dan jaringan adalah tindakan melanggar hukum. 
  
III. TANGGUNG JAWAB PENGGUNAAN ID LOGIN 

Vendor bertanggung jawab penuh atas kerahasiaan, keamanan dan penyalahgunaan dari ID Login (user ID dan password) miliknya dan semua kegiatan pengadaan barang/jasa lainnya. 

Bila Vendor lupa dengan user ID atau password-nya, harus segera menghubungi administrator e-proc Semen Gresik di PT. Semen Gresik  (persero) dan selanjutnya Administrator akan mengirim kembali user ID atau password kepada Vendor melalui e-mail/fax. 

Bila Vendor lupa dengan ID Login nya, harus segera menghubungi administrator e-proc Semen Gresik  di PT. Semen Gresik  (persero) kemudian Administrator akan mengirim ID Login melalui e-mail/fax kepada Vendor. 

Vendor wajib untuk segera memberitahukan kepada PT. Semen Gresik  (persero) apabila mengetahui adanya penyalahgunaan ID Login miliknya oleh pihak lain yang tidak berhak atau jika ada masalah lainnya terhadap ID Login miliknya. 
  
IV. TATACARA PENGADAAN BARANG/JASA 
A. PERSYARATAN UMUM 

Vendor yang akan mengikuti pengadaan barang/jasa lainnya wajib mentaati semua persyaratan dalam ketentuan ini dan peraturan pengadaan barang/jasa serta kebijakan lain yang berlaku di lingkungan PT. Semen Gresik  (persero). 

Metode pengadaan barang/jasa lainnya adalah mengikuti pedoman pengadaan barang/jasa PT. Semen Gresik  (persero) yang antara lain meliputi pelelangan umum, pelelangan terbatas, pemilihan langsung, penunjukan langsung dan pembelian langsung, dengan terlebih dahulu mengikuti proses Verifikasi. 

Vendor yang akan mengikuti pengadaan barang/jasa lainnya sanggup memenuhi administrasi pengadaan dan kriteria /spesifikasi barang/jasa lainnya yang telah ditetapkan oleh Panitia/Pejabat Pengadaan Barang/Jasa yang ditunjuk Semen Gresik . 
Vendor harus memasukkan harga penawaran barang/jasa lainnya di e-proc Semen Gresik  secara online. 

Keterlambatan pemasukan harga penawaran barang/jasa lainnya pada 60 (enam puluh) detik menjelang penutupan menjadi resiko peserta. 

Vendor dilarang memberikan penawaran barang/jasa lainnya yang dilarang diperjualbelikan/diedarkan/ dikerjakan berdasarkan peraturan hukum yang berlaku di Indonesia. 

B. HARGA PENAWARAN 

Vendor harus memberikan harga penawaran barang/jasa lainnya yang terbaik dan harus dapat dipertanggung jawabkan. 
Harga penawaran barang/jasa lainnya sudah memasukkan unsur-unsur biaya: harga barang/jasa lainnya, asuransi pengangkutan, biaya pengangkutan dan keuntungan (ROK). 

Harga penawaran secara manual/hardcopy adalah berasal dari hasil cetakan harga penawaran di e-proc Semen Gresik secara online. 
Vendor dapat memasukkan harga penawaran barang/jasa lainnya lebih dari 1 (satu) kali dan dimasukkan melalui situs e-proc Semen Gresik  secara langsung/online, selama masih dalam rentang waktu pemasukan harga penawaran. 

Apabila didapat harga penawaran yang sama, maka penentuan pemenangnya adalah Vendor yang memasukkan penawaran di e-proc Semen Gresik  terlebih dahulu secara online, berdasarkan waktu server e-proc Semen Gresik  dalam satuan waktu WIB (hari, tanggal, jam, menit, detik). 

C. HARGA PENAWARAN E-AUCTION 

Semen Gresik  berhak menetapkan Harga Awal dan Prosentase penurunan harga penawaran barang/jasa lainnya. 
Vendor memasukkan harga penawaran barang/jasa lainnya di e-proc Semen Gresik secara online bila lulus administrasi pengadaan dan spesifikasi teknis barang/jasa lainnya. 
Semua harga penawaran yang memenuhi kriteria akan direkam ke dalam e-proc Semen Gresik dan dicetak di dalam log book Hasil Penawaran Pengadaan. 
Semen Gresik berhak melakukan klarifikasi harga untuk mendapatkan harga terbaik Semen Gresik . 
Apabila sampai batas akhir pengadaan, tidak terdapat kesesuaian harga dengan Semen Gresik , maka Semen Gresik berhak/dapat untuk mengulang/membatalkan proses pengadaan. 

D. JAMINAN PENAWARAN 
Vendor pada setiap kali pengadaan di e-proc Semen Gresik harus memasukkan data/informasi Jaminan Penawaran secara online. 
Besar nilai jaminan penawaran ditetapkan oleh panitia/pejabat pengadaan yang ditunjuk oleh Semen Gresik Surat Jaminan.

Penawaran harus diserahkan ke Semen Gresik paling lambat pada saat penyerahan/pemasukan harga penawaran. 
Vendor yang tidak menyerahkan Jaminan Penawaran dianggap mengundurkan diri. 

Vendor pengadaan yang mengundurkan diri, maka Jaminan Penawaran-nya akan dicairkan oleh Semen Gresik . 

E. WAKTU PENGADAAN 

Waktu pengadaan yang berlaku untuk e-auction adalah dalam satuan waktu WIB di server e-proc Semen Gresik . 
Waktu pengadaan ditetapkan Panitia/Pejabat Pengadaan yang ditunjuk Semen Gresik dan dimasukkan di e-proc Semen Gresik .

Semen Gresik berhak/dapat mengulang/menambah waktu proses pengadaan apabila: 
Sampai batas waktu pengadaan barang/jasa lainnya yang telah ditetapkan berakhir, tidak ada peserta yang menawar. 
Sampai batas waktu pengadaan yang telah ditetapkan berakhir, Administrasi pengadaan dan spesifikasi teknis yang disyaratkan oleh Semen Gresik tidak sesuai dengan yang disampaikan oleh seluruh peserta. 

Sampai batas waktu pengadaan yang telah ditetapkan berakhir, tidak tercapai kesepakatan harga penawaran dengan peserta. 
Peserta tidak mentaati persyaratan dalam ketentuan yang ditetapkan dan peraturan pengadaan barang/jasa serta kebijakan lain yang berlaku di lingkungan PT. Semen Gresik  (persero). 

Dalam hal sedang berlangsungnya proses pengadaan barang/jasa melalui situs e-proc Semen Gresik , karena suatu dan lain hal yang mengakibatkan proses pengadaan barang/jasa tidak dapat dilaksanakan dengan sempurna (terjadi gangguan teknis atau non teknis) 

Terjadi penghentian pengadaan oleh Panitia/Pejabat pengadaan yang ditunjuk Semen Gresik . 
Penutupan waktu pengadaan, dalam hal tidak ada pembatalan dari Panitia/Pejabat Pengadaan yang ditunjuk Semen Gresik , akan dilakukan oleh situs e-proc Semen Gresik secara otomatis.  
  
V. KERAHASIAAN ANGGOTA 
Vendor tidak diberikan hak untuk mengetahui identitas detail Vendor lainnya.
Vendor yang diusulkan sebagai pemenang atau yang dinyatakan sebagai pemenang, akan dibuka identitasnya kepada yang berhak sesuai ketentuan yang berlaku di Semen Gresik .  
  
VI. PROSES PENGADAAN 
Vendor yang bertindak sebagai penawar dapat melakukan klarifikasi atas pengadaan barang/jasa yang dirasakan masih kurang jelas, baik dari segi administrasi maupun teknis, dalam waktu yang telah ditentukan oleh Tim/pejabat pengadaan yang ditunjuk oleh Semen Gresik .

Pada proses e-auction, akan diusulkan 3 calon pemenang, berdasarkan ketentuan yang berlaku di Semen Gresik antara lain: 
Administrasi (sah atau tidak sah) 
Spesifikasi teknis (memenuhi atau tidak memenuhi) 
Harga penawaran terbaik 
Waktu penawaran tercepat (waktu server e-proc Semen Gresik dalam WIB) 

Pada proses e-auction, usulan pemenang adalah Vendor yang menawarkan hasil terbaik, telah memenuhi persyaratan administrasi dang spesifikasi teknis serta memenuhi persyaratan lainnya dan peraturan pengadaan barang/jasa dan kebijakan lain yang berlaku di lingkungan PT. Semen Gresik  (persero). 

Pada proses e-auction, jika karena sesuatu hal Semen Gresik gagal melakukan transaksi jual beli dengan penawar terbaik, maka Semen Gresik dapat melakukan negosiasi dengan penawar terbaik kedua dan seterusnya.

Pada proses e-auction, semua penawaran dipertimbangkan berdasarkan ketentuan yang berlaku di Semen Gresik antara lain: 
Spesifikasi 
Harga terendah 
Waktu tercepat (waktu server e-proc Semen Gresik dalam WIB) 
Jadwal delivery 

Pada proses e-auction, usulan pemenang adalah Vendor yang menawarkan harga terendah, sesuai spesifikasi dan waktu tercepat serta memenuhi semua persyaratan dalam ketentuan ini dan peraturan pengadaan barang/jasa serta kebijakan lain yang berlaku di lingkungan PT. Semen Gresik  (persero).  
  
VII. SELESAINYA PROSES PENGADAAN 
Proses pengadaan selesai apabila telah ditetapkan pemenangnya oleh Tim/pejabat pengadaan barang/jasa yang ditunjuk Semen Gresik , sesudah mendapat persetujuan dari Pengguna barang/jasa. 
Selesainya proses pengadaan melalui situs e-proc Semen Gresik , belum resmi/sah menjadi transaksi pengadaan.Transaksi pengadaan sah apabila masing-masing pihak telah melakukan kewajiban dan haknya sesuai peraturan yang telah ditetapkan Semen Gresik . 

Pemenang pengadaan wajib menyelesaikan proses pengadaan di luar situs e-proc ini dengan Semen Gresik . 
Setelah pemenang ditetapkan melalui situs e-proc Semen Gresik , Semen Gresik akan menghubungi pemenang untuk menyelesaikan transaksi pengadaan segera setelah berakhirnya proses pengadaan. 
Semua peserta yang mengikuti suatu pengadaan pada akhir pengadaan dapat mengetahui posisi/ranking perusahaannya melalui situs e-proc Semen Gresik .  
  
VIII. PEMBATALAN / PEMUTUSAN 

Semen Gresik berhak/dapat membatalkan/memutuskan proses pengadaan apabila: 
Sampai batas waktu pengadaan barang/jasa lainnya yang telah ditetapkan berakhir, tidak ada peserta yang menawar. 
Sampai batas waktu pengadaan yang telah ditetapkan berakhir, kriteria/spesifikasi yang disyaratkan oleh Semen Gresik tidak sesuai dengan yang disampaikan oleh seluruh peserta. 

Sampai batas waktu pengadaan yang telah ditetapkan berakhir, tidak tercapai kesepakatan harga. 
Vendor tidak mentaati semua persyaratan dalam ketentuan ini, peraturan pengadaan barang/jasa serta kebijakan lain yang berlaku di lingkungan PT. Semen Gresik  (persero). 
Tidak ada yang ditetapkan sebagai pemenang oleh Panitia Pengadaan Barang/Jasa atau Pejabat Pengadaan yang ditunjuk oleh Semen Gresik . 

Apabila proses pengadaan dinilai palsu/tidak wajar. 
Dalam hal sedang berlangsungnya proses pengadaan barang/jasa melalui situs e-proc Semen Gresik , karena suatu dan lain hal yang mengakibatkan proses pengadaan barang/jasa tidak dapat dilaksanakan dengan sempurna (terjadi gangguan teknis atau non teknis) 
  
IX. TANGGUNG JAWAB DAN AKIBAT (DISCLAIMER) 
Semen Gresik tidak bertanggung jawab atas semua akibat karena keterlambatan/kesalahan/kerusakan penerimaan data pengadaan yang terjadi pada situs e-proc Semen Gresik yang diajukan Vendor. 
Semen Gresik tidak bertanggung jawab atas semua akibat adanya gangguan infrastruktur yang digunakan situs e-proc Semen Gresik .

Semen Gresik tidak bertanggung jawab atas semua akibat yang timbul karena layanan situs e-proc Semen Gresik ini, karena situs e-proc adalah fasilitas aplikasi online/elektronik, proses pengadaan barang/jasa sesuai dengan ketentuan/prosedur di lingkungan PT. Semen Gresik  (persero). 

Semen Gresik tidak bertanggung jawab atas segala akibat penyalahgunaan yang dilakukan oleh Vendor atau pihak lain. 
Semua keterangan yang dikeluarkan oleh situs e-proc Semen Gresik terkait dengan fasilitas situs e-proc tidak dapat digunakan oleh Vendor sebagai jaminan dan Vendor bersedia/setuju menggunakan fasilitas situs e-proc ini dan menanggung sendiri semua resiko yang diakibatkannya. 

Semen Gresik memberikan fasilitas atau modul yang tersedia pada situs e-proc Semen Gresik saat ini menurut kebutuhan Semen Gresik . 
Semen Gresik tidak menjamin fasilitas situs e-proc Semen Gresik ini memenuhi semua persyaratan/permintaan Vendor. 
Semen Gresik tidak menjamin fasilitas ini berlangsung terus tanpa adanya gangguan/handal, aman, tepat. Situs e-proc Semen Gresik berusaha terus meningkatkan dan memperbaiki performance aplikasinya. 
Semen Gresik tidak bertanggung jawab atas kerusakan yang terjadi, yang mengakibatkan tidak tersedianya barang/jasa lainnya atau timbulnya biaya. 
Semen Gresik dapat menghentikan proses pengadaan barang/jasa setiap waktu, dan Vendor tidak dapat menuntut kerugian dalam bentuk apapun, selama belum ada kontrak pengadaan barang/jasa yang mengikat ditandatangani oleh kedua belah pihak, antara Semen Gresik dan Vendor.  
  
X. PERSELISIHAN 
Vendor setuju bahwa perselisihan yang terjadi antara Vendor dan Semen Gresik harus diselesaikan melalui musyawarah untuk mufakat. Apabila musyawarah tidak dapat mencapai mufakat, Vendor sepakat untuk membawa kasus tersebut ke pengadilan yang berada di wilayah Indonesia. 
  
XI. PERUBAHAN 
Semen Gresik berhak/dapat menambah, mengurangi, memperbaiki aturan dan ketentuan situs e-proc Semen Gresik ini setiap saat, dengan atau tanpa pemberitahuan sebelumnya. 
Semen Gresik berhak/dapat menambah, mengurangi, memperbaiki fasilitas yang disediakan aplikasi ini setiap saat, dengan atau tanpa pemberitahuan sebelumnya. 

Vendor wajib taat kepada aturan dan ketentuan yang telah ditambah, dikurangi, diperbaiki tersebut. Apabila Vendor tidak setuju dapat mengajukan keberatan atau mengundurkan diri dari keikutsertaannya sebagai Vendor situs e-proc Semen Gresik ini. 
Dengan maupun tanpa alasan, Semen Gresik berhak menghentikan penggunaan situs e-proc Semen Gresik dan akses jasa ini tanpa menanggung kewajiban apapun kepada Vendor apabila penghentian operasional ini terpaksa dilakukan. 
Hal-hal yang belum jelas/diatur dala Persyaratan dan Penggunaan (TOC) di situs e-proc ini akan dijelaskan/diatur oleh Tim/Pejabat pengadaan yang ditunjuk oleh Semen Gresik .  

Mahameru™ => eProc Team Copyright © 2012 All Rights Reserved